Kenali 4 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik - Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Kenali 4 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

Ngelitik adalah salah satu hal yang mungkin tidak disukai oleh para pengguna motor ataupun mobil, Ngelitik atau knocking merupakan gejala umum yang tidak hanya terjadi pada mobil antik atau klasik, bahkan mobil baru pun bisa mengalaminya. Oleh karena itu anda harus mengetahui penyebab mesin mobil ngelitik, ngelitik sering terjadi atau terdengar ketika anda menginjak pedal gas dengan spontan. bunyi menganggu tersebut akan semakin keras jika anda menambah kecepatan namun posisi gigi tidak seimbang. misalnya anda berjalan di kecepatan tinggi sedangkan gigi yang anda masukkan pada mobil hanya gigi rendah. jika anda membiarkannya terus menerus, maka bukan hal yang tidak mungkin jika mobil anda rusak.

1114341Deteksi-Suara-Bengkel-Fendryss780x390Banyak orang yang menganggap bahwa faktor utama terjadinya ngelitik adalah akibat pemakaian bahan bakar dengan kualitas rendah. Anggapan ini tidak semuanya benar namun juga tidak salah karena ada beberapa faktor yang mengakibatkan mobil mengalami ngelitik. Kualitas bahan bakar bisa dikategorikan menurut RON (Research Octane Rating) yang dimilikinya. Premium memiliki RON 88, Pertamax RON 92, dan Pertamax Plus memiliki RON yang paling tinggi yakni RON 95. Namun pada kesempatan ini tidak akan dibahas secara detail mengenai kualitas bahan bakar, melainkan Penyebab mesin mobil ngelitik. Hal ini karena bunyi ngelitik juga berasal dari campuran bahan bakar di ruang pembakaran yang tidak sempurna. Bunyi yang akan anda dengar adalah bunyi seperti ketukan palu kecil panjang ketika pedal gas mobil anda diinjak dengan dalam. Jika anda penasaran, berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan mobil anda ngelitik:

  • Penyebab paling utama dari terjadinya ngelitik adalah kualitas bahan bakar yang berada di bawah oktan standar. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa premium merupakan bahan bakar dengan oktan terendah yakni 88. Meskipun bukan hal yang salah jika menggunakan premium, namun untuk menjaga mesin tetap bagus, anda sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan oktan standar 92. Mengapa? Karena oktan 92 (Pertamax) adalah oktan standar mesin.
  • Penyebab kedua adalah saringan bahan bakar atau pompa bensin kotor. Saringan pompa bensin yang tidak bersih bisa menyebabkan bahan bakar yang masuk dalam mesin juga dalam keadaan tidak bersih. Meskipun terlihat sepele, namun jika masalah ini dibiarkan dalam waktu yang lama, bukan hal yang tak mungkin jika mobil anda akan mengalami ngelitik dalam waktu dekat.
  • Penyebab ketiga adalah karena tekanan kompresi tinggi. Tekanan kompresi terlalu tinggi, tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, juga akan membuat mobil anda ngelitik. Tekanan kompresi tersebut akan membuat katup-katup tidak terbuka dengan sempurna. Kemudian klep akan berkerak dan lapisan karet menjadi terlalu kotor.
  • Penyebab selanjutnya adalah lemahnya sensor MAP (Manifold Absolute Pressure). MAP adalah alat yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara dalam intake manifold. Ketika sensor lemah, maka asupan udara yang masuk ke ruang bahan bakar juga akan berkurang. Hal tersebut tentu akan membuat bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran terlalu banyak sehingga menyebabkan pembakaran yang dilakukan oleh mesin tidak sempurna sehingga terjadilah ngelitik.

Bagi anda yang menyayangi mobil dan ingin merawatnya, maka 4 Penyebab mesin mobil ngelitik tersebut harus benar-benar anda perhatikan. Anda bisa memulai dengan beralih pada bahan bakar dengan oktan standar. Selain itu, pastikan bahwa saringan bahan bakar tidak terlalu kotor karena ini bisa menjadi penyebab fatal yang menjadikan mobil anda ngelitik jika terlalu lama dibiarkan. Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

Tags: , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.