Fungsi Oli Kompresor AC Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Telah disebutkan pada artikel ebelumnya bahwa kebanyakan orang tidak mengerti serta tidak mau tahu mengenai sistem AC mobil mereka. Hal inilah penyebab utama dari cepat rusaknya AC serta biaya yang membengkat saat melakukan perbaikan. Kebanyakan orang membiarkan begitu saja AC mobil mereka tanpa melakukan perawatan serta pengecekan disaat ada masalah pada sistem AC mobilnya.

Pada akhirnya saat AC mobil telah benar rusak dan memerluka perbaikan, biaya yang dikeluarkan akan sangat besar. Hal ini dikarenakan beberapa komponen yang telah rusak parah dan harus diganti. Kerusakan pada satukomponen AC, jika dibiarkan akan mengganggu kinerja komponen lain dan pada akhirnya akan merusak komponen tersebut.

cara-yang-tepat-dan-benar-mengganti-oli-mobil

Di dalam kompresor AC terdapat oli yang berguna sebagai pelumas. Dalam kompresor mobil, pelumas ini berguna sebagai bantalan pada kompresor dan melumasi beberapa bagian yang sering mengalami gesekan. Oli kompresor AC mobil ini menggunakan oli khusus yang mampu beredar dalam sistem pendingin. Jadi jangan sembarangan dalam menambahkan oli pada kompresor AC mobil anda. Kebanyakan orang tidak mengetahui jika oli kompresor AC harus rutin diganti setelah satu tahun atau setelah mencapai 20.000 Km. Penggantian Oli tersebut bertujuan untuk menjaga kinerja AC serta merawat kompresor AC mobil agar lebih awet dan tahan lama. Hal inilah yang sering diabaikan oleh para pengguna mobil pada umumnya.

Jika salah satu komponen pada AC mobil rusak maka akan berakibat pada kinerja AC mobil tersebut dan sebagian oli akan bocor dan tertinggal pada saat siklus refrigerant. Saat komponen telah benar – benar rusak dan perlu diganti, maka penambahan atau pengantian oli sangat diperlukan untuk mengganti oli yang tertinggal pada komponen yang telah rusak. Penambahan jumlah oli tergantung pada jumlah komponen yang akan diganti. Oli dalam kompresor AC mobil ini sebagian keluar bersamaan dengan refrigerant dan bersikulasi pada saat proses pendinginan. Jika oli yang bersikulasi tersebut cukup banyak, maka akan menyebabkan overheating karena pelumas di bak engkol berkurang. Selain itu, apabila oli yang bersikluasi tidak tetap, maka kemungkinan besar oli akan menumpuk pada evaporator dan akan mengganggu fungsi evaporator.

Berdasarkan sedikit ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa oli pada kompresor memiliki peran yang cukup vital bagi sistem AC mobil. Oleh karena itu, pastikan anda mengganti oli kompresor setiap satu tahun sekali atau saat telah mencapai 20.000 Km. Dengan begitu anda dapat menjaga kinerja serta keawetan AC mobil anda. jika anda mengalami masalah pada sistem pendingin anda, anda dapat menggunakan jasa kami yakni Dokter Mobil, specialist service serta perawatan untuk merawat serta memperbaikan segala kerusakan pada AC mobil anda.”

Tags: ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.