FAQ - Dokter Mobil
 

FAQ

FAQ Seputar AC Mobil

Part AC mobil meliputi  OLI KOMPRESSOR, FREON, DRYER, EVAPORATOR, dan RADIATOR.

Permasalahannya akan dikupas sesuai masalah utama mobil anda.

Oli Kompressor :

1. AC kurang / tidak / berkurang dingin hanya keluar hembusan angin ?
2. Kompressor AC ngorok ?
3. Tenaga mesin mobil berkurang/ngedrop serta bunyi berdecit saat AC mobil dinyalakan ?
4. AC mobil jika dinyalakan, mobil dalam keadaan diam berbunyi mendengung berisik, tetapi jika jalan berisiknya hilang & klo macet lama AC jadi panas ?
5. Suara AC kasar masih terdengar saat start pertama kali menghidupkan AC, padahal saya sudah ganti kompressor baru magnet dan puley AC baru ?
6. Magnet clutch bermasalah / berisik bunyi ?
7. AC mobil panas, jika mobil berhenti AC langsung panas. Tapi kalo jalan kencang, AC mobil dingin ?
8. AC Mobil tidak dingin dan angin yang keluar kecil, sering di speed 2 atau 3 baru terasa ada anginnya dan apabila baru dinyalakan agak bauk apek ( kipas ac kurang kencang ), di RPM rendah atau berhenti tidak ada angin dan panas ?
9. Mobil saya kalau dinyalakan ac timbul bunyi cit…cit…cit tapi kalau tidak dinyalakan tidak ada bunyi apa-apa, saya sudah konsultasikan ke tempat service AC katanya kompressor nya harus di ganti apakah benar ?
10. Saat menanjak kalo AC dinyalakan berat ?
11. AC tidak dingin padahal baru 3 bulan lalu isi ulang,  boros setelah servis berkala d bengkel resmi,  start hidup engine suara mesin kasar dan tenaga ngempos ?
12. AC kurang dingin setelah ganti katup ekspansi ?
13. Tarikan mesin tidak bertenaga ketika jalan menanjak & sering bergetar ketika kurang tenaga?
14. AC tidak dingin dan kompresor berisik, tarikan kurang greget/ berat dan agak boros ?
15. AC on mesin berisik, ada suara menderu keras ?

Jawaban untuk semua masalah dari No. 1 – 15 menurut Dokter Mobil adalah :

Secara logis, bagaimana AC bisa dingin jika OLI KOMPRESSOR nya tidak diperiksa ?Apakah kotor dan berkurang ? Cek dulu di bengkel Dokter Mobil, Pemeriksaan hanya butuh 5 menit.

1. Kompressor AC mempunyai standarnya untuk Oli Kompressor, Berapa gram ? Jika standarnya 150Mg , coba dimasukan sekitar 30 – 50 Mg. Setelah itu coba keluarkan sedikit Oli Kompresornya, apakah masih layak pakai atau tidak ?  Jika kompresornya sudah bekerja lebih halus dan normal ( Buat apa ganti compressor? ) – Solusi nya adalah sedot semua oli kompressor yang lama yang sudah TIDAK LAYAK PAKAI, Dokter Mobil hanya butuh 30 menit.
2. Dengan normalnya sistem AC + Freon dan part lainnya maka tenaga mobil akan lebih enteng. Contohnya jika oli mesin tidak diganti, pastinya mesin akan rusak dan turun mesin.
3. Setelah itu dilakukan pemeriksaan pressure, caranya dengan memasukkan freon sekitar 50 gram ( Mesin Dokter Mobil bisa lakukan ini dalam waktu 5 detik ), jika freonnya sudah masuk dan tekanannya normal maka Kompressor AC anda tidak rusak. BUAT APA DIGANTI ?
4. Solusi untuk mendapatkan mobil dingin seperti baru adalah : FREON Berkualitas + OLI Kompressor PAG ( bukan oli biasa yang banyak di pasaran ) + Clean System Air Cond ( bersihkan pipa saluran proses AC mobil ) – Hanya Dokter Mobil yang memiliki standar seperti di Germany dan Inggris.
5. Dari banyaknya pertanyaan yang masuk, bisa di ketahui bahwa 90% masalah AC mobil Penyebabnya OLI KOMPRESSOR AC yang tidak pernah diganti, segera ganti di Dokter Mobil tanpa bongkar dan aman ( suhu bisa diukur before dan after treatment). Jika anda bongkar part AC anda MASALAH akan bertambah. Gantilah oli Kompressor anda dengan teknologi Dokter Mobil yang bisa melakukan hal ini secara tuntas.

Freon :
1. AC Mobil bau apek, kecut dan tidak segar ?
2. AC mobil tiba-tiba terasa panas. Tidak ada freon yang keluar sama sekali. Kompressor AC mati ( overload ) ?
3. Freon hanya bertahan satu bulan setelah diisi, kira kira itu bocor dimana ya ?
4. AC mobil saya tidak bisa dingin, padahal habis diisi freonnya. Kata bengkelnya harus ganti kompresornya ?
5. AC kurang dingin padahal sudah pernah diisi freon ?

Jawaban untuk semua masalah dari No.1 – 5 menurut Dokter Mobil adalah :

1. Setelah Oli Kompressor / Kompressor bekerja normal system AC mobil diperiksa dengan LEAK DETECTOR – fungsinya untuk memeriksa apakah ada freon yang bocor ( jika ada yang bocor harus di perbaiki / diganti part nya ). Jarang sekali kita temukan freonnya bocor pada mobil yang tidak pernah dibongkar. Freon bocor itu disebabkan oleh part AC yang pernah di bongkar tetapi pasang nya tidak presisi.
2. Tambahkan freon sesuai dengan standar internasional bukan penambahan freon ala kadarnya.
3. Untuk mendapatkan dingin sempurna Kadar Oli + Kadar Freon + System Air cond yang sempurna. Maka bisa didapatkan suhu 0 derajat – 3 derajat. ( lihat testimonial kami sudah ratusan mobil yang kami bikin suhu nya lebih dingin dari mobil baru )

and read more : Service AC mobil tanpa bongkar, solusi atasi masalah ac mobil

Dryer :
1. Tabung Dryer bocor & mampet
Solusinya adalah : lepaskan filter dryer lama dan ganti dengan yang baru. Harga Filter dryer murah kok, sehingga tidak menguras kantong anda.

Evaporator :
1. Filter AC kabin yang bagus ?
2. Setelah ganti epavorator AC kurang dingin, jika nyala AC tali kipas berdecit ?
3. Evaporator dan kompressor saya kemasukan air karena selang flexible AC mobil saya bolong, apakah bisa diperbaiki tanpa harus mengganti baru? Terima kasih.
4. Ada basah air di kabin mobil depan, bawah dashboard keluar genangan air dan angin yg keluar agak lemah, AC kadang dingin kadang hanya angin dari Fan AC saja yg bertiup ?

Jawaban untuk semua masalah dari no.1 – no.4 menurut Dokter Mobil adalah :

1. Filter kabin sama aja, fungsinya untuk menyaring kotoran. Terbaru ini banyak filter yang sudah terdapat pengharumnya. Silahkan memilih filter yang sesuai dengan selera anda.
2. Buat apa kalau ganti evap tapi masalah utamanya di Oli Kompressor dan Freon ? Cek artikel di atas tentang ini.
3. Jika Evap pernah dibongkar dan pasangnya tidak rapi maka masalah yang lain bisa terjadi. Saran kami jangan pernah bongkar evap mobil. Dokter Mobil bisa cuci evap di mobil tanpa BONGKAR dan selesai dalam waktu 30 menit.
4. Penyebab air basah itu adalah Evapnya MAMPET, karena tidak pernah di bersihkan. Cucilah evap mobil anda setiap 6 bulan sekali. Lakukan itu di Dokter Mobil, karena tanpa bongkar dashboard dan semua sensor aman.

Radiator :
1. Mobil sering tambah freon, serta mudah overheat mesin,thermostat tidak bekerja ?
2. Mesin cepat panas, air radiator cepat habis ?
3. Bagaimana mengetahui kapan isi air radiator ?
4. Bila mesin sudah panas staternya agak sulit, mengapa?

Jawaban untuk semua masalah dari no.1 – no.4 menurut Dokter Mobil adalah :

1. Buat apa tambah freon kalau masalahnya dari Air Radiator ? Gimana sih cara mengukur air radiator yang bagus ? Ada alat untuk mengukur air radiator, sehingga kita bisa tahu berapa suhu nya ( Air Radiator yang bagus itu di luar ruangan suhu nya -50 derajat, setelah di tuang dan mesin nya di hidupkan maka suhu nya menjadi -40 derajat ) maka air radiator nya bisa mendinginkan Radiator dan bekerja secara maksimal.
2. Jika mesin cepat panas dan airnya habis, periksa dulu suhunya berapa derajat ? Pasang alat untuk check pressure radiator ( jika pressure nya turun bisa di pastikan ada kebocoran ). Jangan pernah isi air radiator dengan air biasa, Kenapa ? jika anda masak air dan menguap itu artinya air itu tidak ada efek untuk mendinginkan, jika hal ini dilakukan bisa menyebabkan Kerak / Flek bisa membuat mampet dan radiator bocor.
3. Cara isi Air Radiator yang benar adalah : Sedot semua air radiator yang ada, setelah itu tuang air radiator sesuai standar internasional yang diracik oleh Dokter Mobil.

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.