Cara Merawat Kompresor AC Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Merawat Kompresor AC Mobil

Saat AC mobil anda bermasalah, salah satu yang mungkin jadi penyebabnya adalah terjadi masalah pada salah satu komponennya. Masalah yang cukup sering terjadi adalah kompresor AC mobil masalah sehingga kinerja AC tidak maksimal bahkan macet.

Merawat Kompresor AC Mobil ? Begini Caranya

Karena kompresor merupakan salah satu komponen AC yang sangat penting, maka saat kompresor bermasalah sistem AC mobil anda pasti ikut bermasalah. Kebanyakan orang enggan merawat dan memeriksa AC mobil mereka sebelum benar – benar rusak. padahal jika kerusakan pada AC mobil telah terdeteksi sedini mungkin, maka biaya perawatan tidak akan membengkak.

Sebagai pengguna mobil, tentunya anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk memperbaiki mobil anda. oleh karena itu, ada baiknya jika anda mau mempelajari sedikit mengenai AC sehingga anda mampu mendeteksi kerusakan pada AC mobil anda.

cara merawat kompresor ac mobilTelah disebutkan di atas jika kompresor pada AC mobil menjadi salah satu penyebab utama kerusakan AC mobil anda. oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara merawat kompresor AC mobil anda agar tidak cepat rusak dan anda mampu mengetahui sejak dini jika ada msalah pada kompresor AC mobil anda.

Sebenarnya saat kompresor AC mobil anda bermasalah, dengan merasakannyapun anda sudah dapat mengetahui jika ada yang tidak benar dengan AC anda. kerusakan pada kompresor biasanya menyebabkan AC tidak dingin atau AC mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu.

Nah, berikut ini adalah beberapa ciri ciri kerusakan pada AC mobil dan cara mengatasinya :

  1. Fin kondensor atau out door yang kotor

Fin kondensor atau out door yang kotor, dapat menyebabkan tekanan Freon meningkat sehingga beban kompresor ikut naik melebihi batas dan akibatnya kompresor anda rusak. untuk mencegah hal ini, sebaiknya anda melakukan pembersihan secara rutin pada bagian out door maupun in door.

      2. Kompresor termal 1

Karena ada dua jenis masalah kompresor termal, maka saya menyebutkan dengan compresol termal 1 dan 2. Untuk masalah pada kompresor termal 1, disebabkan oleh Freon yang habis dan menyebabkan kerja kompresor menjadi sangat berat. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya bekas oli yang keluar disalah satu sambungan tersebut. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya anda selalu mengecek Freon secara rutin dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem AC mobil anda.

      3. Kompresor termal 2

Masalah kompresor termal juga dapat terjadi karena voltage drop dan akan menyebabkan ampere meningkat. Sebelum hal ini terjadi, ada baiknya jika anda memasang stabilizer tegangan untuk menstabilkan voltage pada kompresor.

        4. Pemasangan AC yang tidak benar

Pastikan anda mempercayakan perbaikan AC mobil anda pada bengkel yang telah berpengalaman karena salah satu penyebab kompresor sering rusak diakibatkan oleh pemasangan AC yang tidak benar. Pemasangan kondensor yang salah dapat menyebabkan oli kompresor turun ke evaporator dan akan menyebabkan bussing pada AS dan akhirnya kompresor AC akan macet.

Dokter Mobil bengkel service ac mobil tanpa bongkar

Itulah beberapa masalah yang terjadi dan cara merawat kompresor AC mobil anda. Pastikan anda mempercayakan perbaikan AC mobil anda kepada mereka yang telah berpengalaman, karena pemasangan yang tidak benar dapat menyebabkan rusaknya kompresor AC mobil anda. anda dapat mempercayakan perbaikan AC mobil anda kepada Dokter Mobil

Dokter Mobil specialist AC mobil yang telah berpengalaman dalam memperbaiki segala jenis kerusakan AC mobil yang berada di Kelapa Gading Jakarta Utara. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan pastikan anda merawat kompresor AC mobil anda dengan benar.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.