Air Radiator Cepat Panas - Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Air Radiator Cepat Panas

Radiator merupakan salah satu komponen yang berguna untuk mendinginkan atau mengurangi panas mesin mobil saat mobil digunakan. Dengan adanya radiator, Overheating pada mesin dapat dihindari dan membuat suhu mesin lebih stabil. Saat mesin mencapai suhu tertentu, maka akan terjadi berbagai masalah seperti mesin mati mendadak serta berbagai masalah pada mesin lainnya. Jika mesin sampai overheating, maka ada kemungkinan akan merusak beberapa Komponen Mesin Mobil tersebut. Oleh karena itu, radiator adalah salah satu komponen penting dalam mesin anda. salah satu hal patut anda waspadai adalah jika air radiator mobil anda cepat panas dan habis karena hal tersebut merupakan indikasi dari sistem radiator yang tidak beres.

 

bengkel-dokter-mobilLalu apa penyebab air radiator cepat panas dan habis? Dalam artikel ini Dokter Mobil akan berbagai sedikit mengenai penyebab air radiator yang cepat panas dan habis. Biasanya masalah air radiator yang cepat panas dan habis terjadi pada mobil yang sudah berumur agak lama dan bahkan sudah tua, namun bagi anda pemilik mobil baru juga harus mewaspadai masalah ini. Jika pada mobil tua masalah tersebut bisa terjadi karena masalah usia dan membutuhkan perawatan, namun pada mobil baru masalah ini terjadi karena sistem radiator bermasalah atau bekerja dengan tidak benar. Hal ini berdasar pada sistem radiator dan semua komponen – komponennya dalam kondisi baik, air radiator tidak akan berkurang apalagi habis. Berikut ini adalah beberapa penyebab air radiator cepat panas dan habis :

  1. Penutup pembuangan radiator

Terkadang penutup pada bagian pembuangan radiator tidak tertutup rapat sehingga menyebabkan kebocoran. Segera periksa tutup saluran tersebut dan jika memang tidak tertutup rapat anda dapat menambahkan selotip untuk memastikan bagian tersebut tertutup rapat.

2. Kebocoran pada sistem radiator

Kebocoran dalam skala kecil pada sistem radiator dapat menyebabkan air radiator cepat habis. Segera berkonsultasi pada ahlinya agar masalah tersebut cepat terselesaikan.

3. Fan pendingin

Jika fan pendingin pada radiator telah melemah, maka akan menyebabkan mesin terlalu panas (Overheating) dan menyebabkan terjadinya penguapan pada air radiator. Untuk mengatasi masalah pada bagian ini, disarankan agar anda menyerahkan pada ahlinya untuk mendapatkan solusi yang tepat.

4. Kompresi mesin

Kebocoran pada kompresi mesin yang terhubung dengan aluran air radiator juga dapat menyebabkan penguapan. Jika hal ini terjadi, tentu air radiator akan cepat panas dan habis.

5. Selang radiator

Selang radiator yang bocor akan menyebabkan air radiator cepat habis. Pada mobil tua, kebocoran terjadi karena usia selang yang telah tua dan membuatnya lembek sehingga air merember dari selang tersebut. Anda dapat mengganti selang tersebut untuk mengatasi masalah ini.

baca juga : Tips cara merawat ac mobil

Masalah tersebut adalah masalah yang paling sering terjadi pada radiator sehingga menyebabkan air radiator cepat panas dan habis. Radiator merupakan salah satu sistem mobil yang cukup kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk mengecek serta memperbaikinya. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah pada sistem radiator anda jangan segan – segan untuk menghubungi kami, Dokter Mobil untuk mengatatasi masalah tersebut. Dengan perawatan dan perbaikan yang tepat, maka radiator anda akan kembali normal dan tetap awet sehingga mesin mobil anda tidak mengalami overheating. Semoga artikel mengenai air radiator cepat panas dan habis tersebut bagi anda guna menambah wawasan serta untuk merawat mobil kesayangan anda.

Tags: , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.