Penyebab AC Mobil Bocor Dan Solusi Mengatasinya - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Penyebab AC Mobil Bocor Dan Solusi Mengatasinya

Kebocoran pada AC merupakan salah satu masalah pada AC mobil yang dapat dibilang cukup serius. Sebenarnya kebocoran pada sistem AC ini dapat diindikasi dengan menetesnya air dari bagian bawah dashboard dan membuat kabin mobil yang anda kendarai basah. Tentu saja tetesan AC tersebut menetes dalam jumlah yang berlebihan. Jika yang anda temukan hanya beberapa tetesan –  tetesan kecil, sebenarnya hal tersebut sangat wajar.

penyebab-ac-mobil-tidak-dingin

Tetesan air tadi menjadi tanda bahwa AC mobil anda normal dan tidak ada masalah. Air yang menetes tersebut akibat pengembunan udara dalam kabin mobil saat melewati evaporator. Di dalam evaporator terjadi proses pengembunan sehingga menghasilkan air, oleh karena itu di bawah evaporator ada bak penampung air serta saluran buang. Jika volume air bertambah, maka beberapa tetesan pada kabin mobil anda merupakan hal yang sangat wajar. Namun jika tetesan tersebut berasal dari bawah dashboard dan dengan jumlah yang kurang wajar, maka ada kemungkinan AC mobil anda bocor.

Pada mobil bekas, AC yang bocor merupakan salah satu masalah yang sering ditemui. Terutama pada mobil bekas yang memiliki usia cukup tua. Mungkin jika mobil bekas anda memiliki usia yang cukup tua, anda dapat mengganti sistem AC mobil anda dengan yang lebih ramah lingkungan agar tidak merusak ozon. Penyebab utama AC mobil yang bocor paling banyak terjadi pada bagian evaporator yang tidak beres.

Biasanya saluran buang pada rumah evap di bawah evaporator tersumbat dan menjadikan air menetes dari bagian bawah dashboard sehingga membasahi bagian karpet mobil. Saluran pembuangan yang tersumbat dapat diindikasi dengan air tidak menetes dari kolong mobil saat menghidupkan AC. Sebab lainnya yang mungkin terjadi ketika AC mobil anda bocor adalah selang saluran buang pada rumah evap terlepas. Beberapa penyebab tersumbatnya saluran buang air kondensasi adalah :

  • Tikus yang masuk dan memakan busa pada saluran sirkulasi udara. Bekas serpiha busa tadi dapat terhisap ke evaporator jika AC mobil tidak dilengkapi dengan filter.
  • Kotoran atau daun kering yang terhisap oleh blower.
  • Evaporator yang kotor sering membentuk semacam lendir atau gel yang tidak dapat mencair. Gel inilah yang menyumbat saluran buang pada rumah evaporator AC mobil anda.

Tips Mengatasi AC Mobil Bekas yang Bocor

Sebagai spesialis AC mobil di Kelapa Gading Jakarta Utara, Dokter Mobil akan memberikan beberapa tips mengatasi Ac mobil bekas yang bocor. Tips ini hanya sebagai langkah awal saja, pastikan anda tetap berkonsultasi dan mempercayakan perbaikan AC mobil anda kepada ahlinya. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi AC mobil bekas yang bocor :

  1. Periksa saluran buang pada AC Mobil anda, jika saluran tersebut tersumbat maka saat dihidupkan, tidak akan terasa hembusan angin dari slang pembuangan air tersebut.
  2. Gunakan lidi atau benda lentur lainnya untuk dimasukan pada slang buang. Jangan sekali – kali menggunakan kawat, besi dan sebagainya karena dapat merusak saluran buang. Hidupkan pula blower dengan kecepatan maksimal yang akan membantu menekan kotoran keluar. Anda juga dapat menggunakan kompresor untuk melakukan hal tadi.
  3. Jika saluran buang AC mobil anda panjang, anda dapat melepas slang dari rumah evap. Dengan melepas selang tersebut, maka air yang berada pada rumah evap akan jatuh ke karpet. Oleh karena itu pastikan anda menyediakan wadah khusus untuk menampung air tadi sehingga tidak membasahi karpet mobil anda.
Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.